Jumat, 17 Maret 2017

TUGAS MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN

Nama : Putri Diva Nan Pamudita
NIM   : 20160610318
Kelas  : H

Penugasan Individu :
1. Tulislah minimal dua maksimal tiga, apakah cita-cita karir masa depan anda setelah lulus dari FH UMY!. Tulislah alasan memilih cita-cita tersebut, dari mana pilihan itu muncul, siapa saja orang-orang yang anda mohon pertimbangan!
2.Tulislah sejelas-jelasnya apakah diskripsi tugas atau uraian tugas dari jabatan yang anda pilih sebagai cita-cita tersebut!
3. Tulislah sejalas-jelasnya apakah spesifikasi jabatan atau persyaratan jabatan, untuk jabatan yang anda cita-citakan!, tulis juga berapa gaji atau penghasilan untuk jabatan tersebut!Berdasarkan spesifikasi jabatan atau persyaratan jabatan, bandingkan dengan kemampuan atau persyaratan yang anda miliki saat ini!.
4. Tulis secara runtut dan sejelas-jelasnya bagaimana langkah-langkah atau cara untuk memenuhi persaratan tersebut! Mohon langkah yang anda lakukan harus realistis dan terukur! 

1. Cita-cita setelah lulus dari FH

A. NOTARIS

Saya ingin menjadi notaris karena saya mengikuti saran orang tua saya. Awalnya saya tidak mau masuk fakultas hukum, karena saya pikir masuk hukum banyak hafalan dan saya tidak suka hafalan. saya terus menolak untuk masuk hukum, tetapi perjuangan orang tua saya untuk mengenalkan ruang lingkup hukum dengan mendatangkan teman-temannya yang sarjana hukum untuk memberikan nasehat kepada saya. sebelum masuk hukum, saya pernah daftar polisi dan saya tidak di terima karena tingginya yang kurang, mungkin karena alasan itu orang tua saya ingin saya masuk di fakultas hukum. akhirnya saya luluh dan saya pikir keinginan orang tua adalah yang terbaik untuk saya di masa depan. maka dari itu, saya memantapkan hati untuk masuk fakultas hukum dan memberikan yang terbaik yang saya bisa untuk orang tua saya.

B. POLISI

saya ingin menjadi polisi sejak duduk di bangku SMA dan kedua orang tua juga mendukung, mereka selalu mengawasi saya untuk latihan fisik. Orang tua ingin saya mendaftar polisi setelah lulus sarjana, tetapi saya masih bingung karena harus latihan fisik lagi setalah sekian lama sudah tidak latihan fisik. Untuk saat ini, saya ingin fokus pada cita-cita pertama saya menjadi notaris.

2. Tugas dari cita-cita saya :

A. NOTARIS

1. Membukukan surat-surat di bawah tangan dengan mendaftar dalam buku khusus (waarmerking).
2. Membuat kopi dari asli surat dibawa tangan berupa salinan yang memuat uraian sebagaimana ditulis dan digambarkan dalam surat yang bersangkutan.
3. Melakukan pengesahan kecocokan fotokopi dengan surat aslinya (legalisir).
4. Memberikan penyuluhan hukum sehubungan dengan pembuatan akta.
5. Membuat akta yang berhubungan dengan pertanahan.
6. Membuat akta risalah lelang.
7. Membetulkan kesalahan tulis dan/atau kesalahan ketik yang terdapat pada minuta akta yang telah di tanda tangan, dengan membuat berita acara (BA) dan memberikan catatan tentang hal tersebut padaminuta akta asli yang menyebutkan tanggal dan nomor BA pembetulan, dan salinan tersebut dikirimkan ke para pihak (pasal 51 UUJN).

B. POLISI

  1. memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat;
  2. menegakkan hukum; dan
  3. memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

3. Syarat-syarat

A. Notaris

1. Warga Negara Indonesia (WNI)
Karena notaris adalah pejabat umum yang menjalankan sebagian dari fungsi publik dari negara, khususnya di bagian hukum perdata. Kewenangan ini tidak dapat diberikan kepada warga negara asing, karena menyangkut dengan menyimpan rahasia negara, notaris harus bersumpah setia atas Negara Republik Indonesia, sesuatu yang tidak mungkin bisa ditaati sepenuhnya oleh warga negara asing.
2. Berumur minimal 27 tahun
Umur 27 tahun dianggap sudah stabil secara mental dan emosional.
3. Bertakwa kepada Tuhan YME
Diharapkan notaris tidak akan melakukan perbuatan asusila, amoral dll.
4. Sehat Jasmani dan Rohani
5. Pengalaman
Telah menjalani magang atau nyata-nyata telah bekerja sebagai karyawan notaris dalam waktu 2 tahun berturut-turut pada kantor notaris, atas prakarsa sendiri atau rekomendasi organisasi notaris setelah lulus magister kenotariatan; Supaya telah mengetahui praktik notaris, mengetahui struktur hukum yang dipakai dalam pembuatan aktanya, baik otentik ataupun di bawah tangan, dan mengetahui administrasi notaris.
6. Ijazah
Berijazah sarjana hukum dan lulusan strata dua kenotariatan; telah mengerti dasar-dasar hukum Indonesia.
7. Non-PNS
Tidak berstatus pegawai negeri, pejabat negara, advokat, pemimpin maupun karyawan BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta atau jabatan lain yang oleh undang-undang dilarang untuk dirangkap dengan jabatan notaris. Notaris tidak boleh merangkap jabatan karena notaris dilarang memihak dalam kaitannya sebagai pihak netral supaya tidak terjadi benturan kepentingan.
 

B. POLISI

PERSYARATAN UMUM
1. Warga negara Indonesia.
2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.
4. Pendidikan paling rendah SMU atau sederajat.
5. Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan).
6. Tidak pernah di pidana karena melakukan kejahatan (SKCK).
7. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.
8. Lulus pendidikan pembentukan anggota kepolisian.

PERSYARATAN LAIN
1.Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan pembentukan Tamtama, ditambah 2 (dua) tahun setelah lulus.
2. Bersedia menjalani ikatan dinas selama 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai saat diangkat menjadi anggota Polri.
3. Memperoleh persetujuan dari orang tua/wali bagi yang belum berusia 21 tahun (bukan paksaan orang tua).
4. Tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan suatu instansi lain.
5. Pada saat mendaftar telah berdomisili di wilayah Polda tempat pendaftaran minimal 1 tahun, yang dibuktikan dengan KTP atau surat keterangan dari kepala desa/kelurahan setempat dan KK (Kartu Keluarga) atau ijazah/STTB/rapor terakhir.
6. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara kesatuan RI.

Perkiraan gaji dari cita-cita saya :

A. NOTARIS

1. Tidak ada pengalaman : 4.301.844
2. Pengalaman (< 5 tahun) : 4.388.747 - 4.754.273
3. Pengalaman (5-10 tahun) : 5.098.997 - 6.612.332
4. Pengalaman (> 10 tahun) : <6.612.332
hasil gaji berdasarkan tingkat pendidikan S1, lama pengalaman kerja dan berlaku bagi pekerja di perusahaan non asing.

B. POLISI

Gaji Pokok

1. Gaji terendah anggota TNI/Polri golongan Tamtama berpangkat kopral kepala/ajun brigadir polisi Rp1.825.600. Gaji tertinggi golongan Tamtama berpangkat kopral kepala/ajun brigradir polisi Rp2.819.500.
2. Gaji terendah anggota TNI/Polri golongan Bintara berpangkat sersan dua/brigadir polisi dua) Rp2.003.300.
3. Gaji tertinggi anggota TNI/Polri golongan Bintara berpangkat pembantu letnan satu/ajun inspektur polisi satu Rp3.839.300.
4. Gaji terendah anggota TNI/Polri golongan perwira pertama berpangkat letnan dua/inspektur polisi dua Rp2.604.400. Tertinggi untuk perwira pertama berpangkat kapten/ajun komisaris polisi Rp4.551.700.
5. Perwira menengah TNI/Polri berpangkat mayor/komisaris polisi Rp2.856.400, sedangkan gaji tertinggi untuk perwira menengah TNI/Polri berpangkat kolonel/komisaris besar polisi Rp4.992.000.
6. Gaji terendah perwira tinggi TNI/Polri berpangkat brigjen/laksamana pertama/marsekal pertama/brigjen polisi Rp3.132.700 dan tertinggi berpangkat jenderal/laksama/marsekal/jenderal polisi Rp5.646.100. (poy)

spesifikasi yang saya miliki saat ini :

A. NOTARIS

1. WNI (Warga Negara Indonesia),
2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
3. Sehat Jasmani dan Rohani.

B. POLISI

1. Warga Negara Indonesia (WNI).
2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.
4. Pendidikan paling rendah SMU atau sederajat.
5. Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan).
6. Tidak pernah di pidana karena melakukan kejahatan (SKCK).
7. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.

4. Langkah yang harus dilakukan :

1. Belajar dan mencari tahu mengenai kenotariatan.
2. Berdoa dan meminta dukungan dari orang tua.
3. Mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan kenotariatan.
4. Memperdalam matakuliah Hukum Perdata.
5. Sering bertanya kepada saudara yang berprofesi sebagai notaris.
6.  Sempatka diri untuk berolahraga.
7. Melakukan berbagai upaya untuk menambah tinggi badan dan berat badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar